7 Tips Merawat Mobil Bekas Dengan Benar Agar Performanya Tetap Normal

  • Whatsapp

Siapa sih yang tidak mau memiliki mobil dengan bodi kinclong dan performa mesin asli dari pabrikan? Semua orang pasti bermimpi memiliki mobil baru yang menunjang aktivitas harian lebih baik. Namun, Anda yang tidak memiliki dana mumpuni untuk membeli mobil baru, jangan berkecil hati. Pasalnya, Anda bisa mendapatkan mobil bekas yang tak kalah berkualitas dengan harga lebih terjangkau. Fakta menunjukkan bahwa penurunan harga mobil bisa mencapai 20 persen setiap tahun. Jadi, Anda bisa memilih untuk kredit mobil bekas saja.

Read More

Pengajuan kredit mobil secara syariah lebih aman dan menjamin transaksi halal sesuai kaidah agama. Jika transaksi jual beli mobil Anda sudah disetujui, maka mobil bekas berkualitas bisa langsung dibawa pulang ke rumah.

Merawat mobil bekas dengan benar

Ada baiknya Anda tahu cara merawat mobil bekas yang benar agar performa kendaraan tetap normal dan sanggup berkendara di jalan raya secara optimal berikut ini.

1. Memeriksa komponen mobil rutin

Pastikan Anda selalu melakukan pengecekan komponen mobil secara rutin. Pengecekan berkala bisa membantu Anda untuk mengantisipasi kapan waktu penggantian spare part yang baik. Anda bisa mengecek komponen mesin, bagian kaki-kaki mobil, tekanan ban kendaraan, rem, dan lain-lain.

2. Mengganti oli mobil secara berkala

Setiap pabrikan memiliki aturan tersendiri terkait penggantian oli yang baik. Biasanya standar penggantian oli mobil 5.000 sampai 7.000 kilometer jarak tempuh. Anda juga harus tahu mengenai jenis oli yang digunakan oleh mobil tersebut, misalnya oli sintetis atau manual.

Kalau Anda mengajukan kredit mobil bekas terbaru, oli yang digunakan merupakan oli sintetis yang mendukung mobil dengan kecanggihan teknologi kekinian. Sebaliknya, mobil keluaran lama masih menggunakan oli manual agar mesin tidak mudah rusak.

3. Memeriksa radiator

Bagian mobil bekas yang harus diperhatikan lebih detail adalah radiator. Lakukan pengecekan bagian radiator dan pastikan bahwa air radiator selalu penuh dan bisa bekerja maksimal. Kerusakan radiator bisa berdampak buruk pada performa mesin mobil Anda. Mesin kendaraan bisa saja mengalami overheat karena kondisi air radiator yang buruk.

4. Penggantian timing belt

Pada jarak tempuh 40.000 kilometer, sebaiknya Anda segera melakukan penggantian timing belt. Timing belt berfungsi untuk meneruskan putaran pada roda-roda gigi bagian dalam mesin mobil Anda.

5. Bersihkan filter karburasi

Mobil bekas Anda sering susah dihidupkan? Maka Anda wajib mengecek dan membersihkan bagian filter karburasi. Gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan kotoran yang melekat pada saringan filter karburasi.

6. Rutin mencuci mobil

Pada musim penghujan, Anda harus lebih sering melakukan pencucian mobil. Hal ini untuk mendukung perawatan cat mobil bekas kesayangan Anda. Air hujan bisa menimbulkan kerak atau jamur yang bisa mengganggu penampilan mobil. Selain itu, noda lumpur yang menempel pada kaki-kaki mobil bisa berdampak buruk seperti karat atau korosi.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan bagian wiper yang berfungsi menunjang kenyamanan dan keamanan berkendara pada musim penghujan. Jika wiper sudah menunjukkan kerusakan, Anda harus segera melakukan penggantian.

7. Menjaga perilaku berkendara yang baik

Tips penting dalam merawat mobil bekas agar memiliki performa tak kalah bagus dengan mobil baru terletak pada perilaku berkendara. Pastikan Anda menjaga mobil tetap maksimal dengan mengetahui wawasan berkendara yang bagus.

Misalnya Anda selalu melakukan pemanasan mesin mobil sebelum berkendara, hindari jalan yang berlubang, memacu mobil dengan kecepatan tinggi untuk hilangkan kerak melalui knalpot, tidak melakukan akselerasi atau pengereman yang mendadak, dan sebagainya.

Beberapa cara menjaga dan merawat mobil bekas di atas bisa Anda praktekkan agar kendaraan bisa lebih awet. Jangan lupa untuk menggunakan bahan bakar terbaik yang mendukung performa mesin mobil bisa maksimal.

Ajukan kredit mobil bekas secara syariah

Keuntungan mengajukan kredit mobil bekas berbasis syariah ke Garasi.id adalah Anda bisa memilih mobil terbaik dan leasing yang kredibel. Setidaknya sistem syariah bisa meminimalisir risiko Anda terjerat cicilan dengan bunga besar yang tidak sesuai aturan agama. Dapatkan keuntungan berupa cicilan tetap atau berjangka sesuai masa pembiayaan yang disepakati.

Tenang saja, Anda tidak perlu datang langsung ke tempat jual beli mobil bekas sebab pengajuan kredit bisa dilakukan secara online. Tinggal klik saja, Anda bisa mengajukan formulir online di Garasi. Tunggu konfirmasi penerimaan ajuan kredit mobil bekas yang Anda inginkan di rumah. Lebih mudah dan hemat biaya, bukan?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *