Anak Demam Saat Pandemi, Obati dengan Bahan Alami Berikut!

  • Whatsapp

anak-demam-saat-pandemi-obati-dengan-bahan-alami-berikut

Peraturan lansia dan anak-anak untuk membatasi aktivitas di luar rumah atau bepergian guna menekan penyebaran virus corona memang lumrah terjadi. Pasalnya, lansia dan anak-anak memiliki sistem imun tubuh yang rendah sehingga rentan tertular virus di tempat umum. Jika anak sakit dan tidak membutuhkan penanganan serius, sebaiknya orangtua menghindari bepergian ke rumah sakit. Gunakan rekomendasi obat alami SehatQ.com untuk mengatasi demam pada anak di rumah saja.

Read More

7 cara menurunkan demam si kecil di rumah saja

Rumah sakit atau klinik menjadi tempat yang berpotensi menularkan virus corona pada masyarakat. Jika tidak mengalami sakit serius, sebaiknya Anda tidak mengajak si kecil pergi ke rumah sakit. Bayi atau balita yang demam bisa disebabkan oleh bakteri dan virus, namun harus diwaspadai saat demam mencapai angka 38-39 derajat celcius, tidak kunjung sembuh setelah lima hari, muncul ruam merah, dan kejang.

Jika anak mengalami demam biasa, Anda bisa menggunakan direktori obat di SehatQ.com yang aman. Anda juga bisa melakukan tips penanganan anak demam di rumah berikut ini.

1. Mengompres air hangat

Untuk menurunkan demam si buah hati tercinta, Anda bisa menggunakan tips sederhana yaitu kompres air hangat. Gunakan lap bersih yang sudah direndam dengan air hangat dan letakkan di dahi anak. Tak hanya bisa diletakkan di dahi saja, Anda juga bisa meletakkan lap basah di lipatan paha atau ketiak.

2. Mandi air hangat

Kondisi demam si kecil akan semakin buruk kalau Anda memandikannya dengan air dingin. Tubuh si kecil akan menggigil karena kenaikan suhu, lho! Ada baiknya Anda memandikan anak dengan air hangat agar tubuh anak lebih segar dan nyaman.

3. Memastikan anak minum air putih lebih banyak

Dehidrasi merupakan risiko yang harus Anda waspadai saat si kecil alami demam. Kekurangan cairan pada tubuh anak bisa berdampak buruk sehingga Anda perlu memastikan anak mengkonsumsi air putih yang cukup. Selain itu, Anda bisa memberikan opsi cairan dalam bentuk lain seperti buah-buahan dan kuah kaldu ayam. Jenis buah yang mengandung banyak air antara lain semangka, jeruk atau pepaya.

4. Makan makanan yang bergizi

Nafsu makan anak yang mengalami penurunan memang hal yang wajar. Agar anak mau makan saat demam, Anda bisa memilih jenis makanan yang memiliki kuah seperti sup ayam. Makanan bergizi bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga anak Anda bisa segera pulih.

5. Memakai pakaian yang nyaman

Jangan lupa untuk memastikan anak memakai pakaian yang nyaman. Sebaiknya Anda tidak memberikan pakaian yang tebal atau berikan selimut jika anak mengeluh kedinginan.

6. Memijat punggung, dada dan perut anak

Si kecil yang alami demam bisa disebabkan oleh gejala penyakit flu. Anak-anak memang mengalami flu lebih sering daripada orang dewasa. Untuk menurunkan demam dan meringankan rasa sakit, Anda bisa menggunakan minyak telon yang dicampur dengan parutan bawang merah dan air jeruk nipis. Gunakan ramuan herbal sebagai minyak pijat yang dioleskan di punggung, dada dan perut.

7. Istirahat yang cukup

Pastikan anak-anak mengurangi aktivitas harian yang aktif agar suhu tubuh tidak mengalami peningkatan. Istirahat yang cukup bisa menurunkan demam tubuh lebih cepat, lho!

Selain menerapkan cara menurunkan demam buah hati, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter gratis di SehatQ.com yang terpercaya. Dokter akan memberikan resep obat yang bisa Anda beli lewat Toko SehatQ yang akan dikirim via kurir yang lebih praktis. Jika demam anak tidak segera turun, Anda bisa mengajukan booking dokter di klinik terdekat untuk penanganan lebih serius.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *