Berlari 5 Kilometer Bantu Redam Stres dan Melindungi Ingatan

  • Whatsapp

Banyak kajian yang tunjukkan bukti kuat kalau olahraga teratur, apa saja ragamnya, bisa berperan pada perlakuan beberapa permasalahan kesehatan. Meningkatkan daftar, suatu studi baru mengklaim kalau lari rata-rata lima km. tiap hari bisa menunjang Anda singkirkan depresi dan buat perlindungan daya ingat Anda.

Kajian awal mulanya berhubungan dengan lakukan olahraga teratur dengan tingkatkan kemampuan otak serta total kesehatan mental. Studi itu menemukannya kalau jalankan mitigasi efek negatif dari depresi gawat pada hippocampus, lokasi otak yang bertanggung-jawab untuk belajar serta mengingat.

Read More

Di hippocampus, pembentukan kenangan serta recall berlangsung dengan maksimal kala sinapsis atau koneksi antar neuron diperkokoh seiring bersamanya waktu. Proses penguatan sinaptik ini dikatakan potensiasi waktu panjang (LTP).

Depresi gawat atau berkesinambungan perlambat sinapsis, yang turunkan LTP serta selanjutnya memengaruhi ingatan, kata beberapa periset.

“Latihan ialah trik yang simple serta irit ongkos untuk menyingkirkan efek negatif pada kenangan depresi gawat,” kata satu diantaranya periset Associate Professor di Brigham Young University di Utah, AS, Jeff Edwards, dikutip Zee News.

“Meskipun kita tidak bisa selamanya mengontrol depresi dalam kehidupan kita, kita bisa mengontrol berapakah kita olahraga. Ini mendayakan untuk paham kalau kita bisa menanggulangi efek negatif dari depresi pada otak kita hanya cukup keluar serta lari,” jadi periset.

Untuk hasil itu, yang diluncurkan dalam jurnal Neurobiology of Learning and Memory, team itu gunakan tikus jadi media eksperimen. Dengan dibagi jadi 2 group. Satu group tikus melalui roda saat empat minggu (rata-rata lima km. satu hari). Seperangkat tikus yang lain ketinggal.

1/2 dari semasing group setelah itu terkena keadaan yang memajukan depresi seperti berjalan di atas panggung yang tinggi atau berenang dengan air dingin. Satu jam sesudah induksi depresi, beberapa periset kerjakan eksperimen elektrofisiologi pada otak hewan untuk mengukur LTP.

Hasilnya tunjukkan kalau tikus yang dikasih dorongan yang udah olahraga punya LTP serta kegunaan kenangan yang tambah lebih besar ketimbang tikus yang tidak menjalankannya.

Sumber :Sindonews.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *