Edukasi Calon Pembeli Di Padi Umkm B2c Yang Wajib Diketahui Oleh Para Calon Penjual

  • Whatsapp

PaDi UMKM sebagai platform inisiasi BUMN yang hadir pada Agustus 2020 lalu, memiliki banyak inovasi yang nantinya akan memudahkan calon penjual yang telah berhasil melakukan pendaftaran UMKM PaDi dan resmi menjadi bagian dari PaDi UMKM B2C. kemudahan tersebut seperti pembeli yang pasti, pendaftaran UMKM PaDi yang mudah dan transparan, serta transaksi yang akan menguntungkan kedua belah pihak.

Read More

Pendaftaran UMKM PaDi yang menginginkan UMKM Go Digital dan siap bertransaksi di era digital ini mengharapkan nantinya terjadi kestabilan ekonomi untuk para UMKM terutama ketika pandemic menyerang. Pandemic menyebabkan penurunan ekonomi yang sangat drastis terutama pada UMKM sebagai penopang negara ini.

Untuk Toko yang berhasil bergabung setelah melakukan pendaftaran UMKM PaDi, perlu mengetahui Bagaimana proses pembelian di PaDi UMKM B2C bagi buyer BUMN? Berikut ini cara melakukan pembelian di PaDi UMKM B2C adalah sebagai berikut : Pembeli mengunjungi situs padiumkm.id lalu selanjutnyan klik B2C, pembeli dapat Lihat semua barang & jasa lainnya sesuai yang mereka butuhkan, kemudian Pilih barang yang akan di beli lalu Pilih ketersediaan barang yang ingin dibeli melalui marketplace atau webstore, berikutnya Isi form pembeli yang di sediakan oleh PaDi UMKM, terakhir Lakukan pembayaran pada masing-masing toko online yang di pilih.

Para penjual yang baru bergabung setelah berhasil melakukan pendaftaran UMKM PaDi juga perlu mengetahui Dimana saja buyer BUMN dapat melakukan transaksi atas produk UMKM yang ada di PaDi UMKM B2C? Produk yang di jual di PaDi UMKM terhubung dengan beberapa marketplace yaitu Shopee, Lazada, Tokopedia dan Bukalapak dan juga tersedia di web store. Namun ketersediaan akses toko online tersebut tergantung pada masing-masing produk yang di jual oleh masing-masing UMKM.

Penjual yang baru saja sukses bergabung setelah melakukan pendaftaran UMKM PaDi juga perlu sekali mengetahui bahwa Bagaimana cara mengetahui status transaksi pembeli yang melakukan pesanan di PaDi UMKM B2C yaitu terdapat dua cara, cara pertama adalah Pembelian di Marketplace akan terpantau status transaksi di marketplace dan cara kedua melakukan Pembelian di web store akan terpantau status transaksi di web store.

Ketika telah berhasil melakukan pendaftaran UMKM PaDi, para penjual juga perlu mengetahui ketika pembeli menerima produk yang tidak sesuai atau terdapat kekurangan terkait quantity produk, yaitu Pembeli dapat mengajukan refund kepada penjual melalui kontak penjual yang dapat dihubungi di luar dari sistem PaDi UMKM B2C yaitu Webstore maupun Marketplace. Dan juga Bagaimana jika pesanan pembeli hilang atau rusak di jasa pengiriman? Pembeli dapat melakukan konfirmasi kepada jasa pengiriman yang di pilih sebelumnya dan menyerahkan bukti nomor resi pengiriman untuk dapat di lakukan pencarian oleh pihak jasa pengiriman.

Pertanyaan lainnya seputar pembeli yang perlu diketahui yaitu Bagaimana jika alamat pengirim tidak terjangkau dengan jasa logistic yang tersedia? Jika alamat pengirim tidak terjangkau, silahkan melakukan pencarian ulang terkait produk serupa pada halaman PaDi UMKM B2C untuk melakukan pembelian ulang. Dan selanjutnya Bagaimana cara saya memberikan ulasan produk ketika barang sudah saya terima? Cara memberikan ulasan terkait produk yang sudah Anda beli yaitu dapat di lakukan melalui chanel penjualan yang anda pilih seperti webstore ataupun marketplace.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *