Manfaat Dan Dosis Penggunaan Obat Miconazole

  • Whatsapp

Pernahkah anda merasakan gatal ataupun nyeri di beberapa area di kulit atau tubuh anda ? Jika pernah maka mungkin saja anda terkena penyakit yang diakibatkan oleh gangguan jamur. Jamur yang menyerang sekitar area kulit kita dapat menimbulkan efek gatal dan ruam kemerahan di sekitar area yang terinfeksi.

Read More

Tidak jarang untuk bisa mengobati oenyakit tersebut dibutuhkan obat anti jamur untuk menghentikan pertumbuhan bakteri tersebut. Salah satu obat yang bisa digunakan untuk membunuh jamur pada kulit adalah obat Miconazole. Obat ini dipercaya secara efektif mampu mengatasi infeksi di area kulit yang di akibatkan oleh jamur.

Obat Miconazole sendiri merupakan obat yang didalamnya terdapat kandungan yang dapat merusak struktur membrane sel jamur. Dengan begitu membrane sel pada jamur tidak bisa berfungsi dengan maksimal dan membuat jamur tersebut kehilangan kalium. Akibatnya jamur yang tumbuh area kulit pun pertumbuhannya akan terhenti dan perlahan jamur tersebut akan mati.

Biasanya obat Miconazole ini sangat efektif untuk membunuh jamur – jamur kulit seperti Candida Spp, Epidermophyton Spp, Trichophyton Spp, Microsporum Spp, dan Pityrosporon Orbiculare. Jenis jamu – jamur tersebut merupakan jenis jamur yang sering menimbulkan gatal dan nyeri di area kulit manusia.

Jadi untuk anda yang merasa munculnya ruam – ruam merah dan juga rasa gatal di beberapa area kulit, maka anda bisa mencoba mengkonsumsi obat anti jamur ini. Obat anti jamur seprti Miconazole ini dijual secara bebas di pasaran, tetapi meskipun begitu anda tetap disarankan mengikuti anjuran dosis penggunaan obat tersebut. Berikut penjelasan mengenai dosis pemakaian obat Miconazole berdasarkan kondisi pasien.

– Untuk Kondisi Candidiasus Mulut

Baik untuk dewasa maupun anak – anak yang berusia diatas 2 tahun, berikut dosis pemakaian yang nisa diikuti :

o Penggunaan obat gel untuk mulut yang mengandung 24 ml miconazole, Di oleskan 2,5 ml 4x dalam sehari. Setelah rasa sakit hilang tetap gunakan obat ini selama 1 minggu kedepan.

o Penggunaan obat tablet hisap 50 mg per hari dan di konsumsi selama 1 -2 minggu pemakaian.

– Untuk Kondisi Candidiasis Usus

Penggunaan untuk dewasa bisa mengikuti anjuran dosis berikut ini :

o Penggunaan gel untuk mulut yang mengandung 20 ml Miconazole, Di oleskan 20 mg 4x dalam sehari. Dengan dosis maksimal 1.000 mg atau sekitar 40 ml dalam sehari. Setelah rasa sakit hilang tetap gunakan obat ini selama 1 minggu kedepan.

– Untuk Kondisi Infeksi Jmaur pada kulit

Baik untuk dewasa maupun anak – anak, berikut dosis pemakaian yang nisa diikuti :

o Obat krim, salep, dan bubuk yang mengandung 2 % Miconazole, di oleskan 2x dalam sehari selama 2 – 6 minggu sampai rasa gatal hilang.

– Untuk Kondisi Infeksi Jamur pada Kuku

Penggunaan untuk dewasa bisa mengikuti anjuran dosis berikut ini :

o Gunakan obat krim dengan kandungan 2% Miconazole, kemudian oleskan krim tersebut 1 -2x dalam sehari selama 10 hari penggunaan.

– Untuk Kondisi Infeksi Jamur Pada Vagina

Penggunaan untuk dewasa bisa mengikuti anjuran dosis berikut ini :

o Gunakan obat krim yang mengandung 2% Miconazole, kemudian oleskan krim 1x dalam sehari setiap sebelum tidur selama 10 – 14 hari. Atau anda bisa juga mengoleskan 2x dalam sehari dengan waktu pemakaian selama 7 hari.

o Gunakan obat Pessary 100 mg per ahri, setiap sebelum tidur selama 7 – 14 hari.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *