BisnisReview

Mengenal Crane, Alat Berat Dibalik Megahnya Gedung Bertingkat

mengenal-crane-alat-berat-dibalik-megahnya-gedung-bertingkat

Apakah Anda tinggal di kota besar? Gedung tinggi adalah pemandangan yang Anda lihat setiap hari tentunya. Tahukah Anda bagaimana gedung-gedung tinggi itu dapat terbangun? Yap, Anda perlu tahu tentang crane, alat berat yang berfungsi mengangkat dan memindahkan material berat pada proyek konstruksi. Jika Anda sedang merencanakan suatu proyek pembangunan gedung, tentu Anda harus menggunakan crane. Crane ini bisa Anda dapat di beberapa perusahaan penyewa alat berat. Jika berdomisili di Jakarta, Anda bisa rental mobil PJU dengan mudah.

Penggunaan crane dan alat-alat berat lain dalam suatu proyek konstruksi tentu memiliki peran yang sangat penting. Berbagai material berat seperti besi tentu tidak bisa dipindahkan hanya dengan mengandalkan tenaga manusia saja. Untuk itu, penggunaan crane adalah langkah yang paling tepat.

Penggunaan crane memang hanya dikenal karena keterlibatannya dalam proyek konstruksi saja, namun untuk sekedar informasi dan menambah wawasan Anda, terutama pebisnis konstruksi, maka tidak ada salahnya jika Anda menyimak ulasan berikut.

1. Pengertian Crane

Crane merupakan alat pengangkat material berat dalam bentuk mobil yang digunakan dalam proyek konstruksi. Cara kerja crane yaitu dengan mengangkat material yang akan dipindahkan baik secara vertikal maupun horizontal. Crane akan dikemudikan oleh seseorang yang disebut operator crane yang sudah dilatih untuk mengoperasikannya.

2. Jenis Crane

Jenis crane yang umumnya digunakan adalah sebagai berikut.

– Truck Crane

Truck crane ini dapat berpindah dari satu proyek ke proyek lain tanpa adanya bantuan dari alat pengangkutan. Truck crane juga dapat berputar 360 derajat.

– Crawler Crane

Sama halnya dengan truck crane, crane jenis ini juga dapat berputar 360 derajat. Dengan roda crawler, crane tipe ini dapat bergerak dalam lokasi proyek saat pengerjaannya. Jika crane dibutuhkan pada proyek lain, maka crane akan diangkut dengan menggunakan lowbed trailer.

3. Kapasitas Pada Tower Crane

Kapasitas pada tower crane tentu perlu diperhatikan. Jika kapasitasnya berlebih, maka akan terjadi jungkir. Agar tidak terjadi hal demikian, material yang diangkut sebaiknya;

– Untuk mesin crawler, berat material 75% dari kapasitas alat

– Untuk mesin dengan roda ban karet, 85% dari kapasitas alat

– Untuk mesin yang memiliki kaki, 85% dari kapasitas alat

4. Faktor-Faktor Dalam Penentuan Kapasitas Crane

– Ayunan beban saat dipindahkan

– Pengereman mesin saat memindahkan beban

– Kekuatan angin terhadap crane

– Kecepatan pemindahan beban

Demikianlah sekilas tentang crane, alat berat yang memiliki peranan cukup penting dalam proses pembangunan gedung-gedung bertingkat dan megah. Bagi Anda yang ingin tahu lebih jelas, Anda bisa mengunjungi perusahaan-perusahaan sewa mobil PJU di Jakarta atau kota besar lainnya. Biasanya beberapa perusahaan rental ini sudah bekerja sama dengan perusahaan konstruksi.

Semoga ulasan di atas bisa menambah wawasan Anda ya!

About Author

Comment here