Pentingnya Asuransi Sejak Usia Muda

  • Whatsapp

Di masa sekarang dengan kecepatan penyebaran informasi, justru hanya sedikit anak muda yang melek asuransi. Terkadang, asuransi dianggap sebelah mata dan dianggap menjadi beban karena harus dibayarkan setiap bulan. Padahal, fungsi asuransi merupakan pencegah terjadinya risiko yang dapat terjadi tiba-tiba. Tidak sedikit pula dari mereka yang hanya mengetahui satu atau dua jenis asuransi, yang paling umum adalah asuransi kesehatan. Jika ingin dipelajari lebih dalam, sebenarnya ada banyak sekali jenis-jenis asuransi dengan segudang manfaatnya. Salah satunya asuransi komprehensif yang cocok untuk anak muda.

Read More

Apapun itu jenisnya, asuransi tetap bermanfaat untuk mencegah terjadinya risiko-risiko yang mungkin saja terjadi di masa yang akan datang. Bukan hanya itu saja, asuransi juga menawarkan manfaat lain untuk mereka yang masih berusia muda, berikut di antaranya:

1. Investasi masa depan

Selagi masih muda, ada baiknya merencanakan masa depan sematang mungkin. Salah satu caranya yaitu melalui investasi. Terdapat jenis asuransi yang dapat digabung dengan investasi. Dengan adanya asuransi, anak muda yang tidak mendapatkan dana pensiun dari kantor tidak perlu merasa khawatir akan masa tuanya karena mendapatkan keuntungan dari investasi.

2. Mewujudkan impian

Sematang apapun rencana keuangan Anda untuk mewujudkan impian Anda namun jika tidak ada asuransi di dalamnya. Maka, besar kemungkinan perencanaan keuangan Anda bisa terganggu, terlebih jika terjadi kejadian di luar dugaan seperti sakit atau bahkan kecelakaan.

Biaya yang harusnya dapat Anda tabung, menjadi berkurang untuk menutupi biaya pengobatan. Akibatnya, Anda harus menyusun ulang target impian Anda. Jika memiliki asuransi, Anda tentu bisa mewujudkan impian dengan cepat.

3. Sebagai proteksi diri dan keluarga

Usia muda merupakan usia produktif dengan tingkat risiko kematian dan sakit lebih rendah dibanding usia tua. Penyakit-penyakit serius biasanya datang setelah sudah berumur tua. Sehingga, anak muda saat ini menganggap bahwa mereka belum membutuhkan asuransi. Namun, bukankah lebih baik menyiapkan asuransi sedini mungkin daripada terlambat di kemudian hari?

4. Mencegah kebangkrutan

Jika Anda tidak mempunyai asuransi, lalu Anda jatuh sakit dan membutuhkan biaya yang besar, maka dana darurat yang akan terpakai tentunya tabungan Anda. Bagaimana kalau tabungan tidak cukup? Jalan lainnya adalah berutang.

Beban Anda tentu akan bertambah karena utang tersebut. Lain halnya jika Anda mempunyai asuransi. Anda tidak perlu memakai tabungan atau bahkan berutang untuk menutupi biaya berobat Anda karena semuanya akan ditanggung oleh asuransi. Tabungan aman, saldo ATM pun aman.

Apabila sudah memahami manfaat dari asuransi, lantas kapankah waktu terbaik membeli asuransi? Idealnya, di usia 15-39 tahun karena di usia tersebut masih tergolong usia produktif sehingga membayar premi tidak terasa berat.

Daripada uang Anda habiskan hanya untuk kesenangan semata, lebih baik Anda sisihkan setiap bulan untuk asuransi yang dapat Anda nikmati manfaatnya secara nyata. Semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *