Tips Mengusir Tikus dari Mesin Mobil

  • Whatsapp

Meskipun harga mobil bekas murah, bukan berarti Anda jadi mengabaikan perawatannya. Bukan hanya perawatan mesin dari risiko kerusakan akibat salah berkendara atau telat ganti oli, tetapi kerusakan akibat gangguan hewan pengerat seperti tikus.

Read More

Ya, putusnya kabel atau selang akibat gigitan tikus memang menjadi hal yang banyak dikeluhkan oleh para pemilik kendaraan. Namun, Anda bisa mengurangi risikonya dengan melakukan beberapa hal berikut:

1. Pasang perangkap tikus di garasi

Cara pertama agar tikus tidak masuk ke mesin mobil adalah dengan memasang perangkap tikus di sekitaran area garasi. Harapannya, tikus-tikus tersebut dapat tertangkap dalam jebakan dan berhenti ‘mengganggu’ mobil Anda.

2. Menyebar kapur barus di area mesin mobil

Selain itu, Anda juga bisa mengusir tikus dengan menyebar kapur barus di area mesin mobil. Cara membasmi tikus seperti ini terbilang sangat murah dan mudah. Hal ini karena harga kapur barus atau kamper di pasaran biasanya tidak sampai menyentuh angka 10 ribu rupiah.

Tak hanya murah, pengaplikasiannya juga mudah yakni tinggal menumbuk kapur barus, lalu sebarkan ke seluruh area mesin mobil secara merata. Biasanya, tikus sangat benci dengan aroma dari kapur barus maupun kamper.

3. Membuka kap mobil pada malam hari

Supaya kabel mobil tidak digigit tikus, maka bukalah kap mobil saat tidak digunakan, khususnya di malam hari. Tujuannya agar tikus tidak berani masuk ke mesin mobil karena tidak ada lagi tempat untuk bersembunyi.

4. Menggunakan mouse repellent

Alat ini dapat Anda temukan dengan mudah di berbagai toko pertanian atau toko-toko online. Cara kerjanya, memancarkan suara berfrekuensi tinggi (ultrasonik) yang bisa mengusik dan mengusir tikus. Manusia biasanya tidak akan bisa mendengar jenis suara ultrasonik sehingga kecil kemungkinannya penggunaan mouse repellent ini akan mengganggu pendengaran Anda.

5. Parkir mobil di area yang terang

Selanjutnya, parkirlah mobil Anda di area yang terang dan agak terbuka karena tikus sangat membenci tempat yang terang. Selain itu, Anda juga perlu memanaskan mesin mobil dengan sering agar tikus tidak suka lagi tinggal di dalam kap mobil.

Itulah dia tips mengusir tikus dari mesin mobil yang mungkin saja bisa membantu Anda. Semoga artikelnya bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *