Yuk Cari Tahu, Ini 5 Perbedaan Sistem Operasi iOS dengan Android

  • Whatsapp

yuk-cari-tahu-ini-5-perbedaan-sistem-operasi-ios-dengan-android

Ada dua jenis sistem operasi yang mendominasi pasar, yaitu sistem operasi Android dan iOS. Kedua sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di smartphone. OS Android banyak digunakan oleh pabrikan smartphone dari berbagai merk. Sedangkan iOS hanya digunakan oleh iPhone, smartphone dari pabrikan Apple.

Read More

Masing-masing sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Meskipun demikian, ada yang mengatakan iOS jauh lebih baik dibandingkan Android. Ada pula yang mengatakan lebih mudah menggunakan smartphone berbasis Android dibandingkan smartphone iOS. Sebenarnya ini kembali lagi ke preferensi dari tiap-tiap orang.

Perbedaan Sistem Operasi iOS dengan Android

Namun sebenarnya, apa sih perbedaan antara Android dan iOS? Ada 5 poin yang bisa digunakan untuk menjelaskan perbedaan dari kedua sistem operasi ini. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

1. Source sistem operasi

Perbedaan yang pertama pada jenis model source dari sistem operasi tersebut. Android merupakan sistem operasi open source. Artinya, sistem operasi yang dikembangkan oleh Google ini bisa dimodifikasi sesuai keinginan Anda. Karena ini pula banyak pabrikan smartphone yang menggunakan OS ini untuk perangkat smartphone yang mereka produksi.

Untuk sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple atau iOS, menggunakan sistem operasi closed source atau tertutup. Ini berarti Anda sebagai pengguna iPhone tidak bisa memodifikasi perangkat iPhone Anda secara sembarangan sesuai dengan kemauan Anda.

2. Asisten virtual

Perbedaan yang kedua adalah pada asisten virtual yang digunakan. Kehadiran asisten virtual di smartphone yang menggunakan OS Android memiliki asisten virtual dari Google yang bernama Google Assistant. Sedangkan smartphone yang menggunakan iOS, memiliki asisten virtual yang bernama Siri.

3. Toko aplikasi resmi yang digunakan

Perbedaan yang ketiga terletak pada toko aplikasi resmi yang digunakan. Pengguna Android tentu familiar dengan Play Store. Ini merupakan aplikasi bawaan dari Android yang digunakan untuk mengunduh dan memasang aplikasi secara resmi di perangkat smartphone Anda.

Pengguna iPhone lebih familiar dengan App Store. Bisa dibilang ini adalah Play Store versi iOS. Fungsinya sama, yaitu untuk mengunduh dan memasang aplikasi resmi di perangkat iOS yang Anda miliki.

4. Berbagi data

Perbedaan yang keempat terletak pada kemampuan perangkat untuk berbagi data. Jika Anda terbiasa menggunakan smartphone berbasis Android, Anda tentu tidak menemukan kesulitan untuk mentransfer data ke perangkat lain yang Anda miliki, mulai dari komputer, laptop, hingga smartphone lainnya.

Berbeda ceritanya dengan perangkat berbasis iOS. Anda tidak bisa sembarangan berbagi data ke perangkat lain. Sistem operasi dari pabrikan Apple ini sangat membatasi sharing data ke perangkat lain demi menjaga keamanan data di perangkat iOS. Satu-satunya cara untuk berbagi data dari perangkat iOS adalah dengan menggunakan iTunes.

5. Mengatur tampilan smartphone

Perbedaan yang kelima adalah pada kemampuan kustomisasi tampilan smartphone. Ponsel berbasis Android bisa dengan mudah mengatur tampilan antar muka agar lebih mudah digunakan. Anda bebas menambahkan widget dan shortcuts di bagian beranda. Anda pun bisa mengubah interface ponsel Android Anda serupa tampilan perangkat iOS dengan menggunakan aplikasi launcher.

Perangkat iOS memiliki kemampuan yang terbatas untuk kustomisasi tampilan. Widget yang Anda tambahkan hanya akan muncul di notification bar. Tampilan antarmukanya pun begitu saja, khas tampilan iOS yang banyak diinginkan pengguna Android.

Nah, itulah 5 perbedaan sistem operasi iOS dan Android. Sekarang, Anda sudah tahu perbedaan kedua sistem operasi ini. Baik iPhone maupun smartphone Android, keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ponsel terbaik adalah ponsel yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *